STUDI KOMPARASI PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN SHELL DAN PERTAMINA DI KOTA TEBING TINGGI TAHUN 2022 (Studi Kasus Pada Masyarakat Kota Tebing Tinggi)

Indri, Fajarini (2022) STUDI KOMPARASI PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN SHELL DAN PERTAMINA DI KOTA TEBING TINGGI TAHUN 2022 (Studi Kasus Pada Masyarakat Kota Tebing Tinggi). Other thesis, STIE Bina Karya Tebing Tinggi.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
BAB 1-3-DAPUS INDRI FAJARIAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tingkat kepuasaan pelanggan adalah perasaan senang atau puas seseorang yang dapat dibandingkan, oleh suatu pelayanan atau tindakan yang diberikan kepada pelanggan dan hasilnya dapat dilihat dari hasil yang telah diterima oleh pelanggan. Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah harga berpengaruh pada pola konsumsi BBM pada SPBU Shell dan Pertamina di kota tebing tinggi tahun 2022. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan berlandaskan pada filsafat positivisme. Populasi dalam penelitian ini adalah konsuemen SPBU Shell
dan Pertamina. Sampel dalam penelitian ini adalah 96 orang. Menggunakan kuisioner kepuasan pelanggan, kualitas pelayanan dan harga. Hasil penelitian mayoritas responden di SPBU Shell berjenis kelamin perempuan terdapat 25 responden (52,1%) dan Pertamina berjenis kelamin laki-laki terdapat 27
responden (56,3%). Pada karakteristik pekerjaan mayoritas di SPBU Shell wiraswasta 23 reponden (47,9%) dan pertamina wiraswasta 24 reponden (50,0%). Pada karakteristik pendidikan SPBU Shell mayoritas SMA terdapat 29 responden (60,4% ) dan SPBU Pertamina mayoritas SMA terdapat 25 responden (52,1%). Hasil analisa terdapat pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan di SPBU Shell dan pertamina di Tebing Tinggi nilai signifikansi
sebesar 0,032 < 0,10 dan Fhitung 3,266 > Ftabel 2,42 dan signifikansi sebesar 0,039 <0,10 dan Fhitung 3,962 > Ftabel 2,42. Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa terdapat pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan di SPBU Shell dan Pertamina Tebing tahun 2022. Disarankan kepada spbu shell dan pertamina untuk meningkatkan meningkatkan kualitas pelayanan sehingga tingkat kepuasan pelanggan dapat lebih baik.
Kata Kunci : Kualitas pelayanan, Tingkat Kepuasan pelanggan, Harga

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Unnamed user with email stu.genk@gmail.com
Date Deposited: 09 Jun 2023 04:18
Last Modified: 23 Jun 2023 02:32
URI: http://repository.stie-binakarya.ac.id/id/eprint/26

Actions (login required)

View Item
View Item